Baterai Bubuk Kopi Ramah Lingkungan

Standard

Bagi kebanyakan pekerja yang harus stand-by pagi, siang, sore, dan malam. Kopi merupakan suatu asupan yang tidak boleh dilewatkan. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi terkenal dapat menambah tingkat konsentrasi dan sebagai obat anti ngantuk saat bekerja. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Berfungsi meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis yang berupa peningkatan energi. Maka dari itu kopi tidak pernah bisa lepas dalam kehidupan sehari-hari kita.

Selain berguna dalam bentuk minuman, ternyata ampas kopi yang tersisa dari hasil seduhan berguna dalam menghasilkan energi. Loh, kok bisa ya. Perkembangan teknologi yang mengedepankan energi alternatif semakin banyak dikembangkan. Salah satunya teknologi yang teranyar saat ini ialah Nespresso Capsules yaitu sebuah baterai hemat energi yang menggunakan kopi sebagai bahan dasarnya. Ide penemuan baterai ramah lingkungan ini pertama kali digagas oleh Mischer Traxler.

Pembuatan teknologi alternatif untuk energi ini saat ini sedang dikembangkan dan diteliti lebih lanjut agar dapat digunakan secara luas. Hal ini menggembirakan tentunya, lagi-lagi terobosan energi alternatif yang ramah lingkungan kembali ditemukan. Kopi yang sejatinya sebagai bahan pangan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Ternyata dapat digunakan untuk kepentingan penambahan energi alternatif

Struktur sumber energi alternatif ini terdiri dari kapsul alumunium, dengan strip tembaga, air garam, dan tentunya bubuk kopi. Prinsip kerja baterai ini pun cukup sederhana, alumunium berfungsi sebagai anoda, kemudian tembaga sebagai katoda, sedangkan air garam berfungsi sebagai elektrolit. Bisa dikatakan proses kimia dalam baterai ini mirip dengan cara kerja baterai mobil. Dalam proses kimia yang cukup sederhana tersebut, setiap baterai mampu menghasilkan energi listrik sebesar 1,5 – 1,7 Volt, setara dengan baterai ukuran AA yang sering kita gunakan. Sehingga kelak baterai hemat energi ini diharapkan mampu menggantikan baterai standar.(sumber: http://rumahenergi.com)

Baterai bertenaga kopi ini sudah diuji penggunaannya dalam Venice Design Week, di mana 700 baterai kopi ini mampu memberi tenaga bagi jam di festival teknologi tersebut. Saat ini, kinerja baterai ini tengah dalam pengembangan. Harapannya, kelak baterai ini juga bisa menggantikan sistem baterai yang lebih rumit seperti yang digunakan produk-produk teknologi informasi, diantaranya baterai laptop maupun baterai handphone.

Wah, penemuan teknologi ini sangat menggembirakan tentunya. Mengingat sumber energi dari baterai konvensional yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari sangat berbahaya bagi lingkungan apabila tidak didaur ulang. Kandungan batu baterai yang terdiri dari berbagai macam logam berat seperti merkuri, mangan, timbal, nikel, lithium dan kadmium. Yang tentu saja dapat mencemari air tanah pada lingkungan yang berakibat pada gangguan kesehatan khalayak seperti penyakit kronis yang nantinya menimbulkan gangguan di sistem saraf pusat, ginjal, sistem reproduksi dan bahkan kanker. Mengingat memang kurangnya sosialisasi jenis-jenis sampah dari pemerintah ke masyarakat hal ini wajar apabila tidak diketahui masyarakat kebanyakan.

Nespresso Capsules ialah sumber energi alternatif yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pendayagunaan bubuk kopi merupakan suatu ide yang mungkin tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Ternyata dari secangkir kopi yang kita minum bisa menyalakan handphone kita.

Dapat dilihat di : industri18jeny.blog.mercubuana.ac.id

One response »

  1. SEMOGA SEHAT SELALU
    Serbuk m u r n i JAHE SUPER, tanpa gula dan bahan pengawet.
    (minuman mencegah stroke, anti mual dan mabuk perjalanan, dll)

    Agen Surabaya :
    SWALAYAN ‘ALMAS MART’. JL. IKAN MUNGSING 3 NO. 24.
    SURABAYA (031) 3540668

    Agen Jakarta:
    Hushby Parfum. Jl. Cileduk Raya no.6 Cipulir – ulujami
    Jakarta Selatan 021-91986008

    Agen Malang :
    *) Depot HTS Lawang.
    *) Depot Mesir Kota Batu.
    *) Kopi bubuk Sido Mulyo (pasar klojen malang).
    Dsb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s