Solusi Untuk Jerawat Si Pemanis Wajah

Standard

Uhhh. . Jerawat ! Remaja sampai yang sudah dewasapun masih berkeluh kesah apabila “pemanis” wajah ini datang lagi. Mengurangi keindahan wajah, sakit, perih, dan jadi bahan ledekan merupaakn berbagai alasan yang harus ditanggung si Jerawat ini. Jerawat atau Acne merupakan suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres. Sepertinya memang tak ada satu manusiapun yang melewati masa-masa indah bersama “pemanis” wajah ini. Jerawat biasanya menandakan seseoang sedang mengalami masa pubertas atau pendewasaan diri. Namun, hal ini bisa dihindari dengan perawatan wajah yang cukup dan tentunya tidak membiarkan wajah kita terlalu lama terpapar berbagai kotoran, seperti debu, asap kendaraan, ataupun berbagai macam makanan yang bisa menimbulkan jerawat.

Jerawat dibedakan menjadi berbagai tipe, seperti  berikut :

  1. Komedo.

Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

  1. Jerawat biasa.

Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

  1. Jerawat Batu (Cystic acne).

Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:

-Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,

-Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal

-Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Banyak cara dilakukan orang untuk menghilangkan gangguan penampilan ini, dari cara biasa maupun dengan cara sehat dan alami. Namun asal kita bisa teratur menjalani pola hidup sehat semua pasti lebih gampang. Seperti beberapa tips berikut ini untuk mencegah datangnya jerawat :

1. Mencuci wajah 2 kali sehari

Tips menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan cara mencuci wajah 2 kali sehari. Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita.

2. Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda

Jika kulit anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak, jika kosmetik yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda..jerawat akan segera mendatangi kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.

3. Sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak.

Secara alami wajah kita akan memproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.

4. Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.

5. Minum air putih

Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.

6. Gunakan pelembab kulit

Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama dari kulit kering dan pecah2. Namun pelembab disini bukan berarti pelembab yang berminyak..sekarang sudah banyak produk kosmetik yang berbahan dasar air.

7. Selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur.

Selalu cuci muka anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.

8. Sering-seringlah makan sayur dan buah.

Sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.

9. Tidur yang cukup dan teratur.

Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.

Cara alami juga bisa diaplikasikan untuk membuat wajah hilang dari si pengganggu penampilan ini. Tentunya dengan cara yang apik dan tanpa efek samping yang merugikan, berikut caranya :

Menghilangkan jerawat dengan ramuan air kelapa:

Siapkan satu gelas air kelapa campur dengan 25 gram pasta kunyit, biarkan semalam. Keesokan harinya, tambahkan ke dalam ramuan tersebut tiga sendok teh bubuk cendana merah. Aduk sampai merata. Simpan selama tiga hari. Setelah itu, saring ramuan dengan menggunakan kain kasa. Simpan air perasan dalam botol. Oleskan ramuan tersebut pada wajah yang berjerawat, dua kali sehari sampai jerawat lenyap.

Menghilangkan jerawat dengan Putih Telur :

Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

Menghilangkan  komedo dengan Tomat :

Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam(blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.

Menghilangkan jerawat dengan Lidah Buaya :

Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika kalian cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mongering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Menghilangkan jerawat dengan Bawang Putih :

Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Sedangkan cara kedua adalah dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari. Namun bagi kalian yang tidak menyukai bau bawang putih mungkin lebih baik menempuh cara yang lain.

Begitu banyak cara saat ini yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan si bandel ini, dari alami sampai facial di salon. Apalah artinya semua pengobatan kalau kita sendiri malah bandel dengan memakan segala makanan yang malah bisa menimbulkan gangguan jerawat. Berikut contoh makanan yang dapat menghilangkan jerawat dan sekaligus memperindah wajah :

1. Tiram, daging unggas, dan ikan

Tidak ada yang tahu persis mengapa makanan ini dianggap mampu mencegah jerawat. Tetapi para ahli mempercayai, asupan Zinc (seng) yang cukup dalam setiap menu makanan dapat membantu mengerem munculnya jerawat. Hal ini mungkin disebabkan karena sifat dari seng yang membantu mengendalikan pelepasan hormon. Selain itu, seng juga membantu tubuh menyerap vitamin A dan nutrisi lain yang penting bagi kesehatan kulit.

2. Salmon dan sumber omega-3

Beberapa dermatologis meyakini bahwa asam lemak omega-3 selain membantu mencegah peradangan dapat juga membantu mengontrol timbulnya jerawat. Agar mendapat hasil maksimal, setidaknya Anda harus makan dua porsi ikan yang kaya asam lemak omega 3 setiap minggu. Sumber terbaik omega 3 bisa didapat dari ikan salmon, sarden, dan mackerel, atau biji rami dan kenari.

3. Kentang, wortel, melon, atau paprika

Beta-karoten banyak ditemukan pada buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning. Zat ini mempunyai fungsi untuk mengkonversi vitamin A di dalam tubuh dan nutrisi lain yang membantu meningkatkan selenium – senyawa yang baik untuk kulit.

4. Jeruk, tomat, atau kiwi

Makanan yang kaya vitamin C tidak memiliki fungsi sebagai penyembuh jerawat. Tetapi vitamin ini akan memperkuat dinding sel sekaligus membantu melindungi kulit Anda dari jaringan parut yang dapat menyebabkan noda. Selain itu kandungan bioflavonoid pada jeruk juga dapat bertindak sebagai anti peradangan alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

5. Almond, telur, atau sayuran berdaun hijau

Antioksidan vitamin E membantu menyembuhkan kulit dari kerusakan dan jaringan parut akibat jerawat. Memang tidak mudah untuk mendapatkan banyak vitamin E dari diet rendah lemak. Tetapi minyak mentah nabati, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber terbaik dari antioksidan.

Semoga artikel ini bermanfaat yah . .

Meskipun si “pemanis” ini begitu menyebalkan untuk kita. Namun, jerawat penanda kedewasaan kita. Tanpanya apalah arti sebuah keremajaan dan kepubertasa. Jerawat merupakan simbol remaja yang tak lekang dimakan zaman. Meskipun membuat bete dan kesal, tapi jerawat tetap akan selalu ada sebagai simbol kedewasaan diri.

Sumber :

gizi.net

id.wikipedia.org

http://health.kompas.com

http://tipsku.info/menghilangkan-jerawat-alami/

http://www.idafazz.com/tips-menghilangkan-jerawat-dan-bekas-jerawat-secara-alami.php

sumber gambar :

http://4.bp.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s