Minuman Penawar Racun

Standard

Hidup sehat  merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Saat ini kesehatan menjadi hal yang sangat susah untuk didapatkan. Dengan iklim dan cuaca yang tidak menentu, banyaknya makanan serba instan, junk food, dan berbagai gangguan kesehatan lainnnya karena semakin bertambahnya gaya hidup manusia yang serba praktis dan modern. Cara alami untuk mendapatkan kesehatan sungguh mahal harganya dari segi waktu, tenaga, dan materi tentunya. Karena hal ini susah didapatkan. Berikut beberapa minuman sehat yang dapat bermanfaat mendetoksifikasi tubuh, seperti dikutip dari Idiva:

Air putih

Dr Poonam Rathod, pakar kesehatan, mengatakan, konsumsi air putih secara teratur sesuai kebutuhan tubuh mampu membersihkan sistem pencernaan, serta menghilangkan racun dan sisa-sisa makanan yang menempel di usus. Ini membuat tubuh dan perut bersih dari limbah makanan.

Air kelapa segar

Cairan ini bisa mendetoksifikasi tubuh secara alami. Selain membersihkan saluran pencernaan. Minum air kelapa akan meningkatkan kekebalan tubuh dan bermanfaat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Jus Labu

Jus labu adalah obat alami yang sangat baik bagi mereka yang menderita masalah pencernaan dan keasaman. “Ini karena sifat basa-nya. Serat dalam sebotol jus labu juga menyembuhkan masalah pencernaan,” kata Dr Rathod.

Teh hijau

Teh hijau adalah antioksidan alami. Ini mengandung polifenol yang membantu meregulasi glukosa dalam darah. “Polyphenol menghambat pergerakan glukosa ke dalam sel-sel lemak, sehingga mencegah mereka memasuki aliran darah,” kata Dr Rathod.

Jus jeruk

Adalah sumber vitamin C, yang dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh. “Jeruk kaya flavonoid, antioksidan, yang melindungi sistem kekebalan tubuh manusia dengan bertindak melawan kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit,” kata Dr Rathod.

Susu

Susu juga bisa digunakan untuk penawar racun, karna bersifat antidotum dan susu dapat mengendapkan racun-racun dan dikeluarkan melalui feses, itulah mngapa kalo kita sehabis praktikum kimia atau biologi disarankan minum susu.

*)Antidotum lebih difokuskan terhadap over dosis atau dosis toksik dari suatu obat. Kondisi suatu obat dapat menimbulkan keracunan bila digunakan melebihi dosis amannya. Selain itu, perbedaan metabolisme tubuh setiap orang terhadap dosis obat juga mempengaruhi.

Mentimun

Mentimun adalah buah berwarna hijau. Mentimun mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalium, kalsium, seng, magnesium dan besi. Untuk kandungan gizinya dapat digunakan untuk diet dan produk kecantikan.

Ada banyak mnfaat kesehatan dari buah mntimun. Ini dapat membantu sekresi dalam urin dan dengan demikian bertindak sebagai diuretik alami. Mentimun juga buah yg dapat menyimpan air dalam utbuh dalam waktu yang lama, sehingga tubuh dapat terhindar dari dehidrasi.Bermanfaat baik juga untuk ginjal, kandung kemih, hati, pencernaan protein, tekanan darah dan penyakit pankreas. Mencampurkan mentimun dengan jus wortel baik untuk kondisi rematik yang disebabkan karna peningkatan konsentrasi asam urat dalam tubuh dan campuran jus mentimun dgn wortel, bayam dan jus selada yg baik untuk pertumbuhan rambut.

Jus mentimun sangat baik untuk penyakit mulut secara keseluruhan seperti penyakit gusi dan gigi. Hal ini baik untuk kulit dan masalah keasaman lambung terkait seperti mual, gastritis dan borok lambung. Kandungan cairan yang tinggi hidrat tubuh dan membuat kulit tampak berseri. Asupan mentimun reguler yang baik untuk arthritis, asam urat dan eksim. Mentimun yang baik dpt mengendalikan diabetes. Memberi irisan ketimun pada mata memiliki efek menenangkan.

Sebagai tips, minuman detoksifikasi ini akan lebih baik jika dikonsumsi sebelum sarapan. “Dengan cara seperti ini proses detoksifikasi akan berjalan dengan baik dan Anda bisa merasakan manfaat kesehatannya.,” kata Dr Rathod.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s