Tips Mencegah Pikun Sebelum Waktunya

Standard

Pikun atau lupa merupakan suatu gangguan yang menyebabkan seseorang menjadi sangat lambat dalam mengingat suatu kejadian, letak suatu benda, atau apapun. Definisi dari PIKUN adalah terus menurunnya kemampuan berpikir secara drastis, akibat menurunnya fungsi jaringan otak. Penyebab utamanya belum diketahui secara pasti. Gejala pikun biasanya meningkat seiring pertambahan usia. Akan tetapi perlu diketahui, pikun bukan merupakan gejala normal dari proses penuaan.

Berikut ini adalah Tips sederhana mencegah pikun sebelum waktunya sebagai investasi Anda untuk masa tua:

1. Pilih makanan yang mampu melumpuhkan radikal bebas sekaligus membersihkan dinding pembuluh darah, sehingga aliran darah ke otak menjadi lancar. Misalnya, bayam, sawi hijau, jeruk, brokoli, dll.

2. Makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 seperti telur, kacang kedelai, tahu, tempe, susu serta ikan laut (sardin, harring, makarel, salmon) mampu mencegah kerusakan otak. Selain itu makan pisang 1-2 buah,juga mampu membantu regenerasi sel-sel otak dengan kandungan vitamin B6 yang dimilikinya.

3. Jauhi tempat-tempat yang berpolutan tinggi karena CO (karbonmonoksida) yang terkandng dalam asap mobil dalam kurun jangka panjang- bisa meracuni otak.

4. Tanggulangi stress, misalnya dengan meditasi dan menekuni hobi, jangan lupa untuk terus berpikir positif.

5. Asah otak Anda, misalnya dengan membaca, bermain bridge, mengisi teka-teki silang (TTS) dan bermain puzzle (menurut penelitian Case Wastern Reserve University of Ohio, berain puzzle dapat membantu Anda terhindar dari gangguan otak).

Selain penyakit dan gaya hidup, menu makanan juga memicu Anda menjadi seperti si Dori, si Ikan Pelupa dalam film Fiding Nemo.  “Setiap harinya 12 juta orang dewasa di Inggris lupa harus belanja apa saat tiba di supermarket, 15 juta orang lupa meninggalkan makanan atau minuman mereka hingga dingin, dan 15 juta lainnya lupa dimana meletekaan kunci rumah atau mobil,”(Riset dari National-Lottery.co.uk). Dan di lain sisi, beberapa makanan yang Anda hindari demi diet, justru bisa menjadi bagus untuk otak Anda. “Makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh memacu perubahan pembuluh darah otak ke pusat pengingatan. Demi menghindari bentuk tubuh tertentu, bisa jadi Anda justru menghindari maknaan yang berguna untuk mempertajam memori Anda,” jelas dr. Adre Mayza, SpS(K), Kepala Bidang Penanggulangan Intelegensi Kesehatan Depkes RI, dan anggota Perdosi (Perhimpunan Dotker Spesialis Saraf Indonesia).

Berikut ini tipsanda.com akan menguaraikan makananan yang semestinya tidak hilang dalam menu (diet) Anda, sebagai menu sehat peningkat daya ingat:

1. Wine. Yup! 200 mililiter wine per harinya memang bagus untuk kesehatan Anda. Sebab, asupan itu bisa memberikan kecukupan kadar flavonoid dalam otak Anda. Sejumlah penelitian menyebutkan zat tersebut berguna bagi saraf otak untuk membentuk memori ‘baru’ dan melancarkan peredaran daerah di bagian otak yang aktif. Jadi, tak perlu ragu agi untuk menikmati segelas Cabarnet Sauvignon saat berkumpul dengan teman-teman. 

2. Cokelat.Hampir sama dengan wine, cokelat pun kaya akan kandungan flovonoid. Menurut tulisan Gary L. WenkPh.D., Professor of Psycology & Neuroscience & Molecular Virology, Immunology dan Medical Genetics di Ohio State University, saat wanita dewasa diberikan minuman cokelat, aliran darah ke otak mereka meningkat secara signifikan hanya dalam waktu 2 jam. Penulis buku Your Brain on Food ini juga memaparkan bahwa performa para wanita tersebut juga berkembang dalam melakukan tugas yang komplek.

3. Kacang. Menurut sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology, asupan vitamin E membantu mencegah lemahnya memori Anda. Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber vitamin E yang baik, sama seperti sayuran hijau, beras hitam dan gandum.

4. Daging Tanpa Lemak. Kekurangan zat besi bisa berpengaruh besar pada fungsi otak dan kemampuan belajar Anda, dan perahnya meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Saat diet, yang butuh dihilangkan adalah lemak, bukan kandungan zat besi. Jadi pastikan asupan zat besi Anda tetap tercukupi (http://tipsanda.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s