Air Putih Sehat Dan Bersih

Standard

Air putih, yang seharusnya kita sebut air jernih bisa dibilang satu-satunya minuman teraman yang dikonsumsi manusia. Dikenal karena khasiatnya yang bisa mencegah berbagai penyakit, khususnya dehidrasi (itu pasti). Air putih dikenal mempunyai berbagai manfaat sebagai kunci kesehatan manusia. Yang umum misalnya, dapat melancarkan sistem pencernaan manusia, perderan darah dan metabolisme tubuh, selain itu juga membuat kulit kita lembab dan tidak kering.

Banyak artikel menyebutkan bahwa manusia minimal harus minum air 2 liter sehari. Ternyata hal ini memang penting loh ! Mengingat tubuh manusia yang sebagian besar terdiri dari air. Yang terjadi apabila tubuh kekurangan air adalah tubuh akan menyeimbangkan diri dengan menyedot air dari organ-organ yang ada dalam tubuh manusia (ups . . horror). Tubuh akan menyerap air dalam darah yang menyebabkan darah akan menjadi sangat kental dan alirannya menjadi tidak lancar, akibatnya dapat menyebabkan lambatnya aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, suhu tubuh menjadi naik dan parahnya penyakit ginjal menanti.

Tapi jangan terlalu banyak juga mengkonsumsi air, usahakan minumlah dengan bijak dan cukup, karena menurut Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK. apabila penggunaan air berlebih, akan menyebabkan volume darah menjadi besar sehingga memacu  kerja jantung dan ginjal. Jantung seolah didesak untuk memompa darah lebih cepat, sementara ginjal di desak untuk mengeluarkan cairan lebih cepat. Maka dari itu  cukup minum air 1-2 gelas secara bertahap, jangan lakukan minum sebanyak 1,5 liter- 2 liter sekaligus, katanya. Waduhh, jadi serba salah kelihatannya. Karena kondisi tubuh manusia yang berbeda-beda penggunaan air minum dapat di hitung sebagai berikut : Caranya: berat tubuh (kg) x 50 ml hasilnya adalah jumlah air dalam ml (milliliter) yang dibutuhkan, atau bisa juga diubah dalam kesatuan liter. misalnya, orang dengan berat tubuh 50 kilogram membutuhkan 50 kg x 50 ml = 2500 ml / 2.5 liter air

Dari segudang khasiat dan kebaikan air putih, yang pasti teman-teman semua tahu. Ternyata, begitu banyak kontroversi yang beredar. Tidak sembarang air bisa kita minum, bukan hanya sekedar jernih, tidak berbau dan tidak keruh tetapi juga harus bebas dari bakteri patogen (berbahaya) dan kandungan kimia berbahaya yang dapat membahayakan bagi tubuh manusia. Sekarang banyak air mineral yang beredar dipasaran tapi tahukah anda air putih sehat itu adalah air yang tidak mengandung mineral sama sekali, 0%.

Penelitian tahun 2009 menyebutkan air putih yang mengandung mineral tinggi akan berasa pahit. Seseorang yang rutin setiap hari mengkonsumsi/minum air mineral , kemungkinan besar akan terkena gagal ginjal dan kanker yang lain dalam 10-20 tahun kedepan. Tergantung tingkat atau kadar mineral yang terkandung dalam air kemasan. Semakin pahit rasanya berarti semakin tinggi kandungan mineralnya. Hal ini bisa disebut air organik, yaitu air yang tidak mengandung unsur lain, selain unsur H2O itu sendiri, unsur kimia yang biasanya terdapat dalam air adalah Ferrum, Merkuri, Alumunium. Untuk mengukur kemurnian air diperlukan alat TDS meter (Total Dissolved Solids meter) untuk mengukur total zat padat dalam zat cair dengan satuan ppm (part per million). Pembagian kategori air menurut total zat padat yang terkandung di dalamnya TDS adalah:

  • > 100 ppm     : bukan air minum
  • 10 – 100 ppm : air minum
  • 1 – 10 ppm     : air murni
  • 0 ppm             : air organik

Selain itu air putih isi ulang yang banyak tersedia di depot-depot pengisian air minum isi ulangpun memiliki kadar ppm (besi) nya sangat tinggi, di atas persyaratan. Air putih yang ada dipasaran dengan merk-merk terkenal juga tak luput dari penelitian. Dan sangat tak disangka ada beberapa merk terkenal yang mengandung kadar zat padat yang diatas persyaratan. Hemm . . dimana lagi bisa dicari air putih sehat itu ya teman.

Saran yang terbaik, mari kita biasakan minum air putih yang telah dimasak terlebih dahulu, karena bakteri yang ada didalamnya pun akan mati contohnya e.coli. Bagaimana dengan logam beratnya ? ayo sama-sama cari air putih sehat yang kadar mineralnya kecil, ada kok beberapa minuman kemasan yang memiliki kadar mineral yang kecil, yang rasa pahitnya tidak berasa.

Kembali ke alam dengan hidup sehat, semakin maju zaman manusia, semakin mahal kesehatan yang harus didapat. Semua yang instan tidak selalu sehat loh. Ayo berpikir kritis untuk masa depan tubuh kita dan masa depan bangsa kita. Biasakan hidup ilmiah secara alami (Jeny Widya Pangestika)

Semoga bermanfaat
Sumber:

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/2082913-air-mineral-berbahaya-penyebab-utama/#ixzz1PA2yXDoq

http://id.wikipedia.org/wiki/Air_minum

http://un2kmu.wordpress.com/2009/09/04/minum-air-dua-liter-sehari/

http://www.jogjaportale.com/showthread.php?tid=162

http://www.detikfood.com/read/2011/06/08/162704/1656012/294/yuk-minum-air-biar-sehat?d992201284

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s