Buah Nanas Penyebab Kematian ?

Standard

Buah tropis berwarna kuning dengan daun eksotis yang tumbuh di atasnya. Siapa sih yang tidak kenal dengan buah nanas (Ananas comosus (L.) Merr). Buah manis menyegarkan yang berasal dari Brazil, Bolivia dan Paraguay. Tapi kenapa yah kebanyakan wanita takut memakan buah manis ini ?. Ternyata mitos beredar yang menyebutkan nanas adalah penyebab keguguran dan keputihan merupakan alasan utamanya. Seperti mitos yang beredar, nanas memiliki sifat antilmitik dan abortivum yang bisa menyebabkan rahim berkontraksi. Kandungan air yang banyak pada nanas juga disimpulkan dapat membuat becek organ intim wanita. Apakah itu benar ? Padahal belum ada penelitian ilmiah atau mendasar tentang mitos tersebut.

Pada suatu sumber ternyata nanas muda-lah yang berpotensi memiliki sifat abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Makanya, nanas sering digunakan untuk mengatasi haid yang terlambat. Wanita hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi nanas muda.

Terkadang juga lidah kita mengalami rasa gatal setelah memakan nanas, maka dari itu ada baiknya rendamlah nanas terlebih dahulu di dalam air garam untuk menghilangkan efek gatal pada lidah kita. Setelah memakan nanas, di dalam saluran cerna buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout.

Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas. Kandungan gula yang tinggi pada nanas dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat apabila dikonsumsi secara berlebihan, untuk penderita diabetes perlu dibatasi dalam memakan buah ini. Enzim bromelain pada nanas yang merupakan enzim protease yang dapat menghidrolisa protein, kadar enzim ini dalam buah nanas lebih tinggi dibandingkan buah lain sehingga dapat memberikan pengaruh pada yang mengkonsumsinya. Sehingga, ikatan protein pada mulut kita juga dapat rusak oleh enzim ini. Semua efek samping ini tidak akan terjadi apabila kita tidak mengkonsumsi nanas secara berlebihan.

Dibalik efek sampingnya itu buah menyegarkan ini memiliki segudang manfaat yang tidak banyak diketahui, Nanas merupakan sumber mineral, vitamin, dan serat yang baik. Buah ini juga mengandung enzim bromelain yang berfungsi :

  1. Memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi edema, enzim bromelain dapat menghalangi pembentukan kinin. Efek ini mampu mengurangi infeksi sinusitis akut, infeksi saluran pernafasan, arthitis, gout, dan post operasi.
  2. Mengurangi kadar darah tinggi, kadar kolesterol darah dan serangan stroke.
  3. Membatu pencernaan karbohidrat,protein dan lemak.
  4. Mengurangi parasit cacing pada dinding usus , peluruh kencing (diuretik).
  5. Menghambat pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit,antiradang
  6. Meningkatkan sistem pertahanan tubuh, dan  masih banyak manfaat lainnya.

Kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serta enzim bromelain yang tersimpan dalam buah nanas merupakan peluruh tangguh yang bisa meng-KO serbuan penyakit-penyakit serius, seperti tumor, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), dan beri-beri. Nanas juga mengandung protein,asam organik, dekstrosa, serat yang tinggi, kandungan lemak,sodium yang rendah dan tidak mengandung kolesterol. Hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan dan untuk menurunkan berat badan.

Ada beberapa tips untuk menghilangkan beberapa penyakit :

  1. Sembelit

Pilih 3 buah nanas yang belum masak. Kupas dan cuci bersih. Parut atau jus, kemudian peras airnya. Minum air perasan nanas 2 kali sehari setelah makan. Masing-masing setengah gelas.

  1. Radang Tenggorokan

Sediakan 2 buah nanas masak. Kupas kulitnya, cuci sampai bersih, potong seperlunya, kemudian parut atau dibuat jus. Peras airnya. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1/3 bagian.

  1. Ketombe

Sediakan 1/2 buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya, parut, peras lalu saring airnya. Tambahkan perasan 1 jeruk nipis ke dalam air nanas. Aduk rata. Kemudia gosokkan pada kulit kepala yang berketombe. Lakukan sebelum tidur dan keramaslah keesokan harinya. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Luka bakar atau gatal

Ambil beberapa helai daun nanas, cuci sampai bersih lalu tumbuk hingga halus. Balurkan pada bagian kulit yang sakit.

  1. Peradangan Kulit

sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari, dan banyak lagi kegunaan nanas.

Apabila ada kelebihan pasti ada kekurangan, begitupun sebaliknya. Tak ada yang sempurna selain pencipta kita. Semua akan baik hasilnya apabila kita bisa menempatkan kelebihan kita dan kekurangan kita di waktu, keadaan yang tepat. Begitupun juga dengan buah Nanas, dibalik efek sampingnya ternyata begitu banyak kelebihan yang bisa untuk menunjang kesehatan manusia. Asalkan dikonsumsi dengan seperlunya dan secara baik. Ingat ya ! segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Semoga Bermanfaat

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Nanas

http://www.chem-is-try.org/tanya_pakar/mengapa-buah-nanas-dapat-membuat-mulut-kita-luka/

http://www.sendokgarpu.com/tips/khasiat-nanas/500/

http://www.resep.web.id/obat/khasiat-buah-nanas.htm

http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2008/05/nanas-versus-wanita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s