Sarapan sehat cara ampuh untuk langsing ?

Standard

Para peniliti dari Harvard Medical School menemukan, risiko terkena obesitas akan menurun 3 kali lipat bila Anda rutin menyantap sarapan pagi. Sedangkan penelitian American Journal of Clinic Nutrition menyebutkan, sarapan membuat seseorang cenderung memilih makanan berkualitas baik dan rendah kalori pada jam makan siang. Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari.

Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena alasan kesehatan. Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja pencernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadarserat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Fungsi sarapan

  1. Memberikan nutrisi pada otak, sehingga anak yang sarapan berprestasi lebih baik disekolah dari pada anak yang tidak sarapan.
  2. Mengendalikan berat badan (http://id.wikipedia.org)

Jadi, jika ingin langsing sekaligus sehat, jangan lupakan sarapan. Tak memiliki banyak waktu? Menu sarapan lezat, cepat dan sehat ini bisa Anda temukan dalam perjalanan menuju kantor:

1. Menu 1: Omelette

Jangan lupa untuk memasukkan telur ke dalam menu sarapan pagi. Sebuah studi yang terdapat dalam Nutrition and Food Science menunjukkan, ada 71 jurnal yang telah menguji manfaat telur bagi seseorang yang sedang diet. Hasilnya, mengonsumsi satu hingga dua butir telur setiap hari bisa meningkatkan kesehatan dan mencegah obesitas. Ahli diet, Dr. Carrie Ruxton mengatakan, telur adalah makanan padat gizi yang kaya protein dan omega-3. Walau menempati peringkat pertama makanan berkolsterol tinggi, Hasil survey dinas kesehatan Amerika Serikat menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi satu telur setiap hari memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung lebih rendah. Menu: Daily Breakfast Special (Egg, potato, and sausage) +Coffee, Kalori: 475.

 

2. Menu 2: Tuna Sandwich Makanan yang satu ini bisa menjadi sumbangan gizi yang berarti bagi tubuh. Pilihan roti dan crossant memberikan sumbangan karbohidrat kompleks yang bisa memberikan energi bagi tubuh untuk menjalankan aktifitasnya. Sedang sayuran, yang terdiri dari tomat, selada, dan mentimun bisa memberikan asupan serta, vitamin A dan C, dan mineral yang membuat Anda kenyang lebih lama. Jangan lupa, selembar keju bisa menjadi nutrisi yang baik bagi otak dan menambah asupan kalsium. Eits, walau menu ini sehat, Anda juga perlu lho mengatur banyaknya. Setengah potong sandwich (satu tangkup roti) isi tuna atau telur dengan beragam sayuran bisa menjadi pilihan tepat. Menu: Tuna Sandwich + Hot Coffee/Tea, Kalori : 450.

 

3. Menu 3: Pancake

Perlu suntikan energi agar lebih bersemangat mengerjakan laporan, sarapan menu pancake bisa menjadi pilihan. Disajikan hangat dengan sediit tambahan butter dan madu. Tepung, susu, telur dan sedikit gula bisa memberikan sumbangan karbohidrat, protein, dan lemak yang akan menghasilkan energi tinggi. Dua lapis pancake, setengah sendok the butter, serta satu sendok makan madu atau sendok makan madu atau sirup merupakan takaran tepat. Secangkir the hangat tanpa gula bisa menjadi teman minum. Seperti ditulis dalam jurnal Times of India, mengonsumsi makanan manis di pagi hari bisa meminimalisir kecenderungan seseorang untuk makan makanan yang mengandung lemak berlebih di siang harinya. Menu: Hotcakes + Hot Tea + Hash Browns, Kalori: 435.

 

4. Menu 4: Hot Chocolate

Sangat tidak mood makan bukan alasan untuk tidak sarapan sama sekali. Jika makanan tidak menggairahkan, gantilah dengan minuman. Satu gelas hot chocolate bisa memberikan sumbangan energi bagi tubuh. Selain praktis, Anda bisa menikmati dalam perjalan menuju kantor. Manisnya cokelat juga mampu memperbaiki mood yang ‘kusut’. Sedang susu merupakan sumber protein dan kalsium yang bisa menutrisi tulang dan otak. Menu:  Hot Chocolate + 1 Donut, Kalori:435.

 

sumber : tipsanda.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s