Tips menyimpan data sehingga aman dari virus

Standard

Saat ini softcopy atau data berwujud file merupakan sesutau hal yang sangat penting, melebihi pentingnya hardcopy atau data berwujud kertas-kertas kerja. Tanpa softcopy, Anda mungkin akan kesulitan dalam bekerja. Softcopy memudahkan Anda dalam bekerja karena sifatnya yang mudah diubah (easy to update). Apabila ternyata data-data yang sudah Anda simpan, ternyata hilang akibat serangan virus, apa yang terjadi? Tentu Anda akan pusing dan kerepotan. Berikut beberapa tips tentang bagaimana menyimpan data supaya aman dari virus:

1. Compress

Compress data atau tulisan dengan menggunakan software winzip atau winrar. Karena virus tidak bisa menginfeksi file yang terdapat dalam file *.zp atau *.rar. Jika software tersebut (winzip dan winrar) tidak ada dalam PC, software tersebut bisa dicari dan diunduh dengan mudah lewat google. Lalu lakukan instalasi ke komputer/laptop Anda. Kumpulkan semua data, baik dari format gambar atau dokumen tertulis dalam satu folder, klik kanan pada folder tersebut, lalu klik “add to achieve”. Pada mekanisme tersebut Anda bisa melihat icon winzip atau winrar. Dijamin data Anda aman dari serangan virus berbahaya seperti virus warm yang bisa mengubah ekstensi sebuah file menjadi ‘exe’.

2. Notepad

Klik menu start di computer Anda, arahkan pada all program -> Accessories dan pilih icon Notepad. Atau ketika pada bagian run, “notepad”. Jika Anda ingin menyelamatkan data tugas atau tulisan pengting yang tersimpan dalam format Microsoft word (*.doc), copy-paste semua isi tulisan ke dalam jendela notepad yang telah terbuka. Lalu Simpan. Pemilihan notepad lebih aman karena virus juga tidak akan menginfeksi file dengan ekstensi *.txt.

3. HTML

Simpanlah data dengan format html, caranya ialah dengan melakukan save dokumen, lalu pilih tipe filenya menjadi html.

4. Email

Jika data dokumen itu sangat penting seperti tugas skripsi, data keuangan atau apapun, maka lakukan backup ke email. Cara ini terbilang aman karena fasilitas di email memiliki pelindung ekstra ketat terhadap virus maupun scan yang bisa menginfeksi file Anda.

 

sumber : tipsanda.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s