Go green dengan Green Technology

Standard

Teknologi ramah lingkungan atau green techno semakin hari semakin ramai dikembangkan dan di buat dengan berbasis cinta lingkungan. Diawali dengan mobil hybrid, mobil yang bertenaga bahan bakar dan tenaga listrik. Dengan digunakannya dua sumber tenaga tersebut, mobil hybrid dapat memanfaatkan mesin bertenaga bensin dan motor bertenaga listrik dengan baik. Artinya, kombinasi dua teknologi tersebut dapat menghasilkan emisi gas buang CO2 yang lebih sedikit hingga sangat ramah lingkungan.

Di era serba instant dan berbasis teknologi canggih. Gadget-gadget yang menjamur menjadi semakin terdepan dengan berbagai terobosan baru. Salah satunya penggunaan kata “go green” untuk membuat suatu gadget menjadi semakin diminati oleh berbagai kalangan yang sadar betul akan kelangsungan lingkungan hidup.

Berikut gadget-gadget bertittle ramah lingkungan yang memang design, bahan, penggunaanya maupun tenaganya terbuat dari bahan serba ramah lingkungan :

1. Kamera digital ramah lingkungan

 

Kamera besutan IKEA yang diciptakan oleh Jesper Kouthoofd ini merupakan kamera yang dapat dengan mudah di olah kembali, mudah digunakan, memiliki data penyimpanan hingga 40 foto yang disimpan pada memori yang secara langsung terintegrasi pada kamera digital ramah lingkungan.

Gambar yang ada dapat dipindahkan ke komputer/notebook atau perangkat portable lainnya secara langsung, karena ada USB yang terintegrasi langsung ke kamera digital ini. Sehigga kita tidak usah mengeluarkan MMC lagi. Selain itu juga tidak perlu menggunakan kabel usb penghubung kamera ke komputer.notebook yang biasa kita gunakan.

2. Mitto (Mesin Penjernih Air)

Sebuah sekelompok mahasiswa dari Kanada telah membuat satu alat untuk menjernihkan kembali air yang terbuang hasil dari aktifitas manusia sehari-hari. Seperti kita ketahui, penggunaan air seperti mandi, menyiram tanaman, mencuci, dll. Sangat mengurangi debit air.

Konsep Mitto yang pertama diberi nama Noro ini pernah meraih juara pertama pada tahun 2010 lalu pada suatu acara teknologi di Simon Fraser University’s Interactive Arts & Technology dan berhasil menyabet juara ketiga pada acara Touch Point 2012 kemarin. Sampai sekarang, pengembang Mitto masih akan terus membuat mesin ini menjadi sesempurna mungkin dan berupaya mencari investor untuk membantu memasarkan produk mereka tersebut.

3. iZen Bluetooth Keyboard

  

Bambu merupakan suatu bahan yang sekarang ini banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari karena sifatnya yang ramah lingkungan, namun setelah tidak terpakai,bambu dibuang begitu saja.

Terinspirasi dari bambu ini sebuah perusahaan elektronik bernama iZen telah membuat satu produk untuk membantu para pengguna komputer, tablet, maupun smartphone dalam mengerjakan aktifitasnya sehari-hari. Produk tersebut dinamakan iZen Bluetooth Keyboard. Berbeda dengan keyboard pada umumnya, bagian luar dari perangkat ini terbuat dari bambu yang dipahat secara manual.

Untuk menghubungkan keyboard ini dengan perangkat seperti desktop, tablet, atau smartphone, pengembangnya telah melengkapi gadget ini dengan fasilitas Bluetooth. Rencananya, iZen Bluetooth Keyboard akan mulai dipasarkan pada bulan Juni mendatang dengan harga USD 99.

4. Mini Hydro Turbine water powered gadget charger

 

Turbin air mini ini Dirancang oleh Jin Woohan. Turbin air mini ini memakai tekanan air untuk daya turbin, yang nanti akhirnya dapat menghasilkan listrik yang cukup. Dapat digunakan untuk mengisi ulang daya ponsel atau peralatan elektronik portabel lainnya. Listrik yang dihasilkan bisa digunakan secara langsung dengan menghubungkan turbin ke stopkontak.

Car kerja gadget ini adalah, pada saat mengoperasikan penyedot air di rumah anda, maka mini turbin ini juga secara otomatis akan beroperasi, di karenakan tekanan air atau aliran air dari pipa penyedot air anda.

5. Water powered calculator

 

Kalkulator bertenaga air. Hemh, ternyata ada. Ya gadget ini bernama water powered calculator. Seperti namanya kalkulator ini bertenaga air. Dengan design yang minimalis dan beroperasi dengan tiga baterai yang dapat diisi ulang dengan air. Kalkulator ini bisa aktif 2-3 bulan. Harga kalkulator ini sekitar $11.00 atau Rp. 110.000. Menarik bukan.

Dengan keadaan bumi yang sudah semakin renta dengan berbagai kerusakan lingkungan dan pencemaran yang disebabkan manusia. Membuat manusia kemabli berpikir bagaiman cara untuk memulihkan keadaan yang sudah terlanjur kacau ini. Penemuan-penemuan canggih dan ramah lingkungan ini hanya mempunyai tujuan satu. Membuat bumi menjadi bumi yang dahulu. Yang bersih, sehat dan lestari. Meskipun tampaknya sulit. Namun, ini tidak bisa ditoleransi. Mengingat nyawa manusia yang sudah banyak melayang karena kerusakan lingkungan di bumi kita ini. (Jeny Widya Pangestika)

Sumber :

http://www.tarikulur.com/gadget-ramah-lingkungan-unik-dan-bertenaga-air

http://www.squidoo.com/mobil-hybrid#module126676951

http://www.desainterbaru.com/2012/05/kamera-digital-ramah-lingkungan.html

http://usgreentechnology.com/stories/european-eco-trend-week-sustainable-sunglasses/

http://www.usatoday.com/

http://ggadget.org/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s