Fenomena masuk angin di Indonesia

Standard

Seringkali kita mendengar banyak orang yang mengeluh terkena masuk angin. Apalagi di Indonesia, mungkin merupakan keunikan karena hanya di negara kita fenomena ini dikenal. Masuk angin biasanya ditandai dengan timbulnya pegal-pegal pada sendi dan otot kita, kembung, kedinginan, dan cepat lelah serta tidak bertenaga. Masuk angin identik dengan kerokan/kerikan yang biasanya dilakukan untuk menghilangkan masuk angin tersebut. Namun, sebenarnya apasih masuk angin itu ? Apa penyebabnya ?

Masuk angin akan terjadi apabila tubuh terlalu lelah dan kurang beristirahat atau biasanya gejala awal dari penyakit flu dan pilek sampai pada penyakit serius yaitu jantung koroner.

Masuk angin sebenarnya tidak ada dalam istilah kedokteran. Hal ini mungkin karena banyak yang beranggapan, masuknya angin ke dalam pori-pori tubuh kita sehingga menyebabkan berbagai gejala yang menyebabkan tubuh kita tidak dalam keadaan fit atau sehat.

Berbagai keluhan seperti kedinginan, kembung, pegal-pegal memang sangat mungkin disebabkan karena cuaca dingin. Cuaca yang dingin ini dapat menimbulkan mekanisme vasoconstricion. Yaitu kondisi dimana terjadi penyempitan pembuluh darah . Mekanisme ini dapat menghambat pengeluaran kalor berlebihan dari tubuh, sehingga tidak terjadi Hipotermia.

Vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) ini dapat mengakibatkan peredaran darah di tubuh kita kurang lancar, sehingga hasil metabolisme dan asam laktat terakumulasi pada otot-otot kita, yang mengakibatkan pegal-pegal dan rasa tidak enak badan.

Cuaca yang dingin juga mengakibatkan perlambatan dari gerak peristaltik saluran cerna kita, sehingga gas yang ada di saluran cerna kita tertampung yang mengakibatkan perut kita menjadi kembung/terasa penuh. Cuaca yang dingin  dapat mengakibatkan rambut-rambut sel di saluran pernafasan kita lambat untuk bergerak, padahal fungsi pergerakan tersebut adalah untuk mengeluarkan lendir dan bakteri serta virus. Akibat dari gangguan fungsi rambut-rambut di saluran nafas ini, kita akan mudah terkena infeksi saluran nafas atas, seperti: batuk, pilek, dll.

Tindakan seperti kerokan/kerikan yang sering dilakukan oleh banyak orang akan memperbesar pembuluh darah dan menyebabkan bertambahnya pasokan atau jalannya oksigen dalam darah kita, sehingga tubuh kita akan terasa lebih nyaman dan hangat. Hal ini dapat  mengeluarkan zat endorfin  sejenis Morfin namun endogen (dihasilkan tubuh), yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan terhadap rasa nyeri. Sehingga kita bisa merasa ketagihan atau berpikir kalau kerokan merupakan jalan terbaik.

Namun, apabila terlalu sering dan lama, maka hasil kerokan itu akan meninggalkan luka yang parah dan juga bisa memperlebar pori-pori pada kulit yang berakibat pada semakin banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh.

Masuk angin identik juga dengan gejala berbagai penyakit. Seperti batuk, pilek dan flu, karena kurangnya imun dalam tubuh kita untuk melawan virus. Tubuh yang tidak ditopang dengan stamina yang fit dan banyaknya kegiatan yang dijalani tanpa menu yang seimbang maka akan mengundang virus penyakit yang berbahayaseperti influenza.

Angin duduk yang juga banyak diistilahkan sebagai bagian dari masuk angin ternyata tidak boleh dianggap sepele. Seperti disertainya radang atau nyeri pada dada. Hal ini perlu diperiksakan ke pihak dokter. Karena merupakan awal dari penyakit Jantung koroner. Seperti telah kita ketahui bahwa penyakit jantung merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia. Hal ini tak lepas dari gejalanya yang tidak bisa disadari tanpa pemeriksaan/medical check up terlebih dahulu. Jadi apabila anda merasa masuk angin disertai dengan radang/nyeri dada yang hebat segera periksakan ke dokter, karena tak menutup kemungkinan itulah awal dari penyakit jantung koroner.

Pencegahan dan pengobatan

Cara bijak untuk mencegahnya kita dapat secara teratur mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi secara teratur, minum vitamin, menyeimbangkan pola hidup, beristirahat yang cukup, dan sedikit refleksi untuk membuat tubuh kita terasa lebih nyaman. Serta pakailah pakaian/jaket tebal untuk menghindari angin yang berlebih mengenai/masuk ke dalam tubuh kita.

Apabila sudah terlanjur masuk angin, kita bisa membuat wedang jahe, atau minuman sehat alami yang terbuat dari jahe. Bisa juga membuat sup ayam yang dimasukkan bawang putih, merica, serta tambahan sayur lainnya dengan ditemani teh manis hangat. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi hangat, serta bersendawa dan buang anginpun akan lebih mudah.

Obat masuk angin ataupun jamu yang tersedia dipasaran juga bisa dikonsumsi, asal perhatikan dosisnya. Jangan berlebih. Kerokan bisa menjadi alternatif, tapi ingat ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena bahaya yang sudah dijelaskan di atas. Mengisi botol air minum dengan air hangat kemudian diguling-gulingkan di perut atau di punggung juga bisa menjadi salah satu pengobatan yang aman dan murah.

Referensi :

Dechacare

http://www.wonosari.com/t3031-apa-itu-masuk-angin

http://bpras.com/tips-dan-trik/suka-masuk-angin-ini-sejarah-misteri-dan-bahayanya/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s