Selai super dari remaja super

Standard

Selama ini usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman memang tidak pernah habis masa kejayaannya. Rata-rata hanya berbahan dasar sederhana namun di kombinasi maupun di daur ulang sedemikian rupa hingga menghasilkan makanan yang enak, unik, dan membuat kita ketagihan.

Begitu banyak ide untuk membuat makanan dan minuman unik yang sebelumnya belum ada atau tak terpikirkan. Dan kebanyakan memang berhasil menarik minat banyak konsumen karena mempunyai daya tarik tersendiri. Kita bisa memulianya di usia muda ataupun tua, asal sungguh-sungguh dan punya konsep yang tepat dan guna. Ciri khas juga salah satu hal penting yang tidak boleh diabaikan.

Seorang remaja asal Edinburgh, Skotlandia. Faser Doherty yang membuat selai dengan resep tradisional dari neneknya. Dia mulai membuat selainya dari tahun 2002 saat dia berumur 14 tahun di dapur orang tuanya. Siapa sangka selai buatannya ternyata mampu menarik minat banyak konsumen dengan banyaknya pesanan. Dengan percaya diri dia meninggalkan sekolahnya dan kemudian mulai memulai usahanya dengan penuh di bidang makanan yaitu membuat selai yang dinamakan SUPER JAM.

Dengan menyewa sebuah pabrik dan mempekerjakan 200 tenaga kerja Doherty mampu menjangkau berbagai pasar. Pada tahun 2007 salah satu supermarket di Inggris menawarkan agar selainya dapat di jual di toko mereka.  Kemudian semakin berkembanglah usaha Dorhety, hingga kini dijajakan di lebih 184 toko. Pada tahun yang sama Dorhety meraup untung hingga US$750 ribu. Hingga kini produknya sudah merambah Eropa.

Tidak sia-sia dengan resep tradisional milik neneknya yang 100% menggunakan buah segar dan alami , Doherty mampu menjadi salah satu remaja paling fenomenal dan sukses atas ide usahanya tersebut. SuperJam menjual sekitar 500.000 botol per tahun, yang saat ini menguasai sekitar 10 persen dari pasar selai Inggris. Saham Doherty sekarang bernilai $ 1 sampai 2 juta.

SUPER JAM sebagai brand yang Frans Doherty daftarkan tidak main-main dapat merengkuh dunia usaha di dunia. Dia sudah mendapatkan banyak penghargaan dari selai tradisional buatannya tersebut. Diantaranya 20 innovation awards dan selain buatannya malah sampai masuk National Museum of Scotland  sebagai  Iconic Scottish Food Brand atau sebagai brand icon makanan dari Skotlandia serta launching produknya di 7 negara di dunia.

Dari usaha yang dibangun Duherty kita dapat mengambil inspirasi bisnis/usaha darinya. Dengan semangat muda dan optimis yang kuat seseorang yang memulai usahanya dari usia remaja tersebut dapat meraup untung yang besar. Selai mungkin bukan makanan pelengkap  yang unik atau baru dibuat. Namun, selainya tidak biasa karena terbuat dari 100% buah alami dengan rasa yang tidak pernah bohong pastinya. “We used the strawberry jam for this and it was delicious – fruity, not too sweet and great for spreading on scones!” katanya di suatu kesempatan sebagai bagian dari promosi.

Dari usahanya tersebut dia juga mengadakan charity yang terinspirasi dari kebiasaan neneknya dengan memberikan teh gratis untuk para orang tua di seluruh inggris yang hidup sendiri maupun yang dalam perawatan. Charity yang dinamakan SUPER JAM TEA PARTIES mampu mendatangkan 600 tamu dan sudah 150 acara diselenggarakan di desa-desa kecil di Wales dan pusat kota London.

Referensi :

http://finance.detik.com/read/2012/08/09/095856/1986919/68/2/yuk-kenalan-dengan-10-pebisnis-cilik-paling-suksesf771108bcj

http://www.apakabardunia.com/2011/08/10-ide-bisnis-unik-yang-membuat.html

http://www.jamandclottedcream.co.uk/2011/11/superjam.html

http://shop.superjam.co.uk/pages/the-superjam-tea-parties

http://www.fraserdoherty.com/

http://en.wikipedia.org/wiki/Fraser_Doherty

http://yumantoko.blogspot.com/2011/03/pengusaha-muda-kelas-dunia.html

Sumber gambar :

http://4.bp.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s