Sejarah Apple Inc.

Standard

Menjadi sebuah brand yang dikenal oleh dunia bukan hal yang mudah dan cepat. Selain mudah untuk diucapkan dan diingat, sebuah brand dibuat juga harus mencerminkan visi dan misi dari perusahaan dibaliknya. Dengan logo dan nama yang tak terlalu mencolok namun unik dan mudah diingat, Apple inc. menjadi brand yang bernilai paling tinggi dibanding brand lain seperti Samsung, Sony, Toyota dan lainnya.

Sejarah Apple Inc.

Apple inc. merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi computer. Berdiri di daerah Silicon Valley, Cupertino, California pada 3 Januari 1977. Dengan nama Apple Computer Inc. pada awalnya, Apple inc membuat Apple II yang merupakan awal revolusi computer pribadi yang kemudian mengalami kemajuan hingga sekarang dengan Macintosh pada tahun 1980-an.

Produk perangkat keras Apple, seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone hingga sekarang dikenal oleh berbagai kalangan. Beberapa perangkat lunak ciptaanya pun mampu bersaing di bidang kreatif seperti penyunting video Final Cut Pro, penyunting suara Logic Pro dan pemutar lagu iTunes yang sekaligus berfungsi sebagai toko lagu online.

Dimulai oleh Steven Wozniak sebagai salah satu pembantu pendiri Apple yang bertemu dengan Steven Jobs. Steven Wozniak ialah seorang hacker elektronik yang membuat versi BASIC dari Chip 6502 yang awalnya telah didesain oleh orang yang mendesain Motorola 6800, kemudian Wozniak membuat computer agar chipnya tersebut dapat dijalankan. Apple I merupakan produk pertama dari perusahaan Apple. Produk ini dibuat dan dirancang oleh pendirinya, Steve Wozniak. Dan kemudian perangkat ini dipasarkan oleh rekannya, Steve Jobs. Di tahun 1976 kemudian ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga/pribadi dengan Apple II.

Berlanjut pada tahun 1980-an Steve Jobs membuat Apple III dan Apple Lisa namun kalah bersaing dipasaran dengan IBM. Tak menyerah Steve Jobs membuat Apple Macintosh pada tahun 1984. Steve Jobs merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox hingga kemudian teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Macintosh.

Pasang surut perusahaan Apple inc. membuat perusahaan ini terus berinovasi agar tak kalah saing dipasaran, dengan pengalaman kegagalan yang lumayan banyak Jobs terbukti mampu merebut pasar dunia dengan berbagai produknya. Meskipun Jobs pernah dikeluarkan dari Apple oleh

Dalam sejarah berdirinya Apple sampai saat ini, produk-produk Apple mulai dari gadget, laptop, hingga komputer, tak pernah dijual dengan harga rendah. Dari perjalanan Apple dahulu ketika pertama kali didirikan sampai seri iPhone 5 keluar.

Awal pemberian nama Apple

Simple dan cukup unik memang, brand terkenal ini hanya diberi nama Apple. Buah kegemaran banyak orang. Kisah pemberian nama diawali ketika tenggat waktu memberikan nama untuk bisnisnya telah mencapai 3 bulan, Steve Wozniak kemudian menawarkan kepada staffnya “Jika sampai pukul 5 sore hari ini tidak ada yang menemukan nama yang baik untuk perusahaan ini, maka nama tersebut akan diambil dari apapun yang saya suka..”

Namun hingga pukul 5 sore, masih tidak ada yang menemukan nama yang tepat, kebetulan Steve Wozniak sedang memakan buah apel saat itu, dan sesuai dengan pernyataannya, perusahaan tersebut mengambil nama dari buah apel sebagai perusahaan Apple Computers.

Kejayaan Apple Tak Lepas Dari Pendirinya

Steven Jobs sangat dikagumi karena keahliannya untuk meyakinkan orang dan menjadi salesman unggul, yang sering dijuluki reality distortion field. Namun, kegigihannya juga pernah mengundang ketidakberuntungan. Kekerasan kepalanya mungkin telah menyebabkan Apple kehilangan kesempatan emas untuk menjadi pemimpin di bidang komputer pribadi.

Jobs pernah dikeluarkan dari Apple karena dianggap cepat berubah pikiran dan beremosi tinggi, namun kembali lagi untuk menjadi pemimpin sementara untuk menggantikan Gil Amelio pada saat itu. Hingga kemudian dia benar-benar resmi mengundurkan diri pada Pada tanggal 25 agustus 2011, dari pendiri sekaligus presiden (CEO) Apple Inc. dan wafat di usia 56 tahun pada 5 Oktober 2011. Hingga kini Steve Jobs dikenal sebagai legenda di Apple bahkan bisa dibilang maestro teknologi yang paling inovatif abad ini.

 

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc.

http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/10/biografi-steve-jobs-pendiri-apple.html

http://dunia-remaja-sehat.blogspot.com/2012/02/persaingan-inovasi-antara-apple-dengan.html

http://www.teknologi.co/gadget-apple-termahal-sepanjang-sejarah.html

http://www.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/11/10/06/lsmixm-perjalanan-panjang-apple-dan-steve-jobs-mengubah-dunia

http://allaboutcommerce.blogspot.com/2011/08/steve-jobs-logs-out-of-apple.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s